Tips Terbaik Untuk Yield Farming DeFi

DeFi sedang diambil alih oleh yield farmers alias orang yang menempatkan modal untuk mendapatkan yield dari protokol seperti Compound, Synthetix, Balancer dan Curve.

 

Saat beruntung, yield farmer bisa mendapatkan APR sampai 100% di stablecoin yang populer, di hari yang buruk, kerugian bisa besar tetapi potensi mendapatkan profit telah menarik ratusan juta dollar ke dalam DeFi sejak minggu lalu.

Mendepositkan capital ke smart contract untuk mendapatkan earning bukanlah hal yang baru di DeFi, tetapi yield farming menjadi semakin menarik seminggu terakhir karena platform DeFi mulai memberikan insentif bagi liquidity provider (LP) dengan mendistribusikan native token. Yang berarti trader bisa mendapatkan token yang lagi hot sebagai tambahan bunga untuk depositnya.

Berikut ini beberapa saran top DeFi trader tentang strategi yield farm mereka.

Editorial Picks :

Cara memaksimalkan Yield Farming Compound Sampai 4x Lipat

DeFi yield farmer dan investor crypto mendapatkan lebih dari 100% 

Asal Mula Yield Farming defi

Tetapi sebelumnya, mari kita lihat awal mula dari semua ini. Sebelum ada Yield Farming, ada Syntetix. Sebagai awal mula strategi yield farming, user bisa (dan sampai sekarang bisa) berpartisipasi di salah salah satu dari banyak insentif Syntetix untuk mendapatkan return dengan mensupply capital ke berbagai macam liquidity pool.

syntetix yield farm

Salah satu strategi paling awal adalah untuk meningkatkan likuiditas untuk token ETH sintetis atau sETH di Uniswap decentralized exchange. Trader yang menambahkan likuiditas ke trading pool sETH/ETH lalu menstaking uniswap sETH LP token (token yang merepresentasikan deposit di Uniswap) di platform Syntetix akan mendapatkan native token Syntetix yaitu SNX, ditambah trading fee yang didapat dari Uniswap.

Strategi ini ditiru oleh banyak token di berbagai Decentralized Exchange. Insentif ini meningkatkan likuiditas dari sUSD – stablecoin milik Synthetix yang di peg ke USD, yang saat ini di Curve DEX menawarkan reward mingguan terbesar sebesar 48,000 SNX (sekitar 70 ribu USD).

Yield Farming menyuburkan COMP

Ketika Compound mulai mendistribusikan token governancenya senin minggu lalu, semua taruhan mulai terbayar.

Trader kini bisa mendapatkan kue dari 2,880 token COMP yang didistribusikan setiap hari  (dari 4.23 juta total COMP, atau 43% of total supply, di reserve untuk pengguna protokol) kepada user yang mensupply dan meminjam capital dari Compound.

Aset baru yang masuk ke Compound hampir mendekati $1B (1,4 T) dari orang-orang yan ingin mendapatkan insentif tersebut. Beberapa analisa berpendapat kenaikan tersebut karena adanya partisipasi profesional dan institusi.

Berita Compound.Finance : Compund Finance mengalahkan MakerDAO dalam total value locked di DeFi

100% APR

Farmer mulai mendapatkan earning lebih besar dengan mengambil leveraged loan untuk meminjam token yang memberikan COMP terbesar dan platform seperti InstaDapp memungkinkan hal ini untuk melakukannya dalam sekali klik. Token COMP didistribusikan relatif terhadap jumlah interest yang diakrualkan di tiap market.

Strategi ini dengan cepat menarik perhatian banyak orang. Terima kasih untuk lebih dari 100% APR ketika Anda menghitung juga profit jika menjual COMP, karena naik dari kurang dari 20 USD saat pertama listing , ke 300 USD di hari-hari ini.

Yang menarik adalah perbedaan reward pool di $COMP bisa mengakomodasi alokasi jauh lebih besar daripada yield farming sebelumnya yang hanya bisa mengakomodasi $15 juta. COMP reward pool bisa mengakomodasi $500 juta capital dan masih bisa menawarkan APR tinggi.

Sekarang kita bisa melihat para Liquidity Provider mulai berpindah dari USDT ke aset yang lebih scarce seperti BAT, WBTC dan ZRX. Di akhir pekan jumlah capital yang disupply dan dipinjam di market BAT naik 20,000% saat farmer mulai mengejar distribusi harian dari 2,880 COMP.

Farming Tips and Tricks

Berikut ini adalah tips dari investor yang aktif di Decentralized Finance untuk melakukan yield farming.

investor DeFi yang memiliki nama online Degen Spartan:

Ambil stablecoin, masukkan ke sUSD Curve pool, ambil LP token, lalu deposit ke contract insentif dari Synthetix Mintr. Strategi ini menghasilkan 20%+ APY yang konsisten di SNX sejak ia mulai farming DeFi yield di awal 2019. Ia mengatakan munculnya COMP memunculkan peluang di strategi niche dan lebih kecil dari yield farm dan meningkatkan yield di industri ini secara keseluruhan.

Jake Brukhman, founder and managing director of CoinFund:

Saya melihat peluang yang dimulai dari APY yang kecil sampai 100% APY bahkan beberapa ratus persen APY, tergantung dari aset apa yang Anda hold dan seberapa besar risiko yang berani Anda ambil. Sebagian besar return ini datang dari sifat tidak efisien dari protokol ini di masa awalnya.

Investor DeFi yang memiliki nama alias online SNX Professor:

Ia menggunakan collateral untuk meminjam USDT lalu me-lendingkan kembali USDT. Tetapi kemudian BAT menjadi crypto yang memberikan COMP terbanyak, sehingga ia menutup posisi USDTnya lalu berpindah meminjam BAT untuk melendingkan kembali BATnya. Proffesor SNX merekomendasikan untuk memonitor posisinya secara harian. Hanya berpindah/switch jika dirasa masuk akal. Yield farming membutuhkan waktu karena adanya sunk cost seperti gas fee atau slippage fees

Lasse Clausen, founding partner at 1kx:

Berkontribusi pada liquiditas di Curve cukup sederhana tetapi menarik karena mirip dengan strategi utama kami untuk mendapatkan exposure pada token dari protocol di masa early stages dan saat valuasinya rendah, memberi potensi kenaikan harga lebih besar dari valuasinya saat ini.

“Yield farming adalah experiment baru yang menarik untuk mendapatkan network effects.

Risiko Yield Farming

Untuk Anda yang sedang melakukan yield farming, gas cost adalah sesuatu yang tidak bisa Anda abaikan, asuransi smart contract di Nexus Mutual adalah awal yang bagus untuk memulai, tetapi hati-hati jika Anda menggunakan leverage, terutama jika farming di aset volatile seperti BAT. Hati-hati juga pada kelemahan smart contract atau protocol seperti 2 juta USD yang stuck di bZx, bisa saja terjadi

Yang pasti, tidak ada yield yang dijamin, dan pada umumnya, semakin besar yield, risiko semakin besar.

Saya akan terkejut jika yield farming akan menghasilkan lebih dari 20% untuk jangka panjang, Clausen mengingatkan.

APA INTINYA ??

Jesse Walden, founder venture fund Variant dan mantan investor a16z , mengatakan bahwa yield farming memang bisa memberikan insentif penggunaan protocol untuk jangka pendek, tetapi protocol yang sukses, tergantung dari builder dan user yang tetap di platform untuk jangka panjang.

“Yield hacking in DeFi is a short-term incentive to drive user growth, but the bigger game is the long-term wealth creation that comes from building (and owning!) a piece of the products and services that billions of people will use everyday.”

One thought on “Tips Terbaik Untuk Yield Farming DeFi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *