Siapa yang benar-benar Menggunakan DeFi? DeFi Report 2020

Sebuah laporan baru tentang keadaan Ethereum oleh ConsenSys Codefi menunjukkan bahwa banyak aktivitas di DeFi didorong oleh apa yang disebut “super users”

Peningkatan meteorik platform Ethereum baru seperti Compound dan Uniswap telah menempatkan desentralisasi use case (atau DeFi) keuangan terdepan dan pusat dalam lanskap crypto pada tahun 2020.

Belajar Lebih Dalam Tentang DeFi !

Bagaimana melipatgandakan uang Anda di ekosistem finansial blockchain dan me-manage risikonya ? Signup email Anda di bawah ini

 

Sebuah laporan baru oleh Codefi, anak perusahaan dari perusahaan pengembangan software Ethereum, ConsenSys, menyoroti seberapa banyak pengguna unik memanfaatkan ini dan layanan DeFi lainnya. Bahkan ketika value terkunci di aplikasi DeFi hampir tiga kali lipat dari April tahun ini, laporan itu menyimpulkan, sebagian besar aktivitas DeFi tidak datang dari pengguna baru. (Pengungkapan: ConsenSys mendanai Decrypt yang independen secara editorial.)

Salah satu pertanyaan utama laporan ini menanyakan apakah “pengguna DeFi benar-benar memanfaatkan interoperabilitas protokol DeFi berbasis Ethereum.” Dalam upaya menjawab pertanyaan ini, laporan tersebut menganalisis 79.648 alamat yang berinteraksi dengan kontrak pintar DeFi di Q2 2020 (Ethereum melampaui 100 juta alamat unik pada Juni 2020, dan penggunaan alamat aktif naik 118% sejak awal tahun.)

Menurut laporan itu, dari semua pengguna yang telah mendeposit sekitar $ 1,2 miliar token berbasis ETH dan Ethereum ke dalam aplikasi DeFi, hanya 1.884 di antaranya telah mengirim 100 transaksi atau lebih selama kuartal tersebut. Lebih lanjut mengukur aktivitas pengguna, laporan tersebut menyatakan bahwa mayoritas pengguna DeFi tetap setia pada satu platform pada khususnya dan jarang menggunakan aplikasi DeFi lainnya (ini adalah pengguna yang ditransaksikan setidaknya sekali tetapi tidak lebih dari 99 kali selama Q2 2020).

Ketika dibandingkan dengan pengguna rata-rata, “super users” memiliki proporsi pengguna yang lebih tinggi yang berinteraksi dengan setidaknya dua atau tiga protokol DeFi yang berbeda dari pengguna yang tidak. Uniswap menangkap sebagian besar pengguna yang tumpang tindih ini dengan 1.625 pengguna super aktif dengan platform selama kuartal ini. Kyber Network berada di urutan kedua dengan 916  super users, diikuti oleh Compound’s 367.

Laporan tidak menunjukkan seberapa besar saldo akun untuk grup pengguna ini. Namun, pada akhirnya, disimpulkan bahwa kenaikan ledakan Senyawa tidak banyak menarik minat pengguna baru yang belum menggunakan aplikasi DeFi.

Sebagai gantinya, banyak dari aktivitas yang meningkat ini berasal dari pengguna yang sudah ada di ekosistem. Solusinya kemudian, penulis laporan menyarankan, adalah untuk fokus pada desain, pengalaman pengguna, dan pendidikan, jangan sampai DeFi menjalankan risiko tumbuh dalam gelembung, bukannya berkembang di luar itu.

“Namun data menunjukkan, kegilaan itu tetap berada di dalam dinding komunitas yang ada. Kesimpulan yang mungkin adalah bahwa banyak inovasi DeFi menjalankan ‘risiko’ peningkatan adopsi hanya dalam komunitas pengguna DeFi yang berpengetahuan ” kata penulis laporan Codefi.

Tentu saja, yang mengasumsikan tujuan akhir adalah untuk benar-benar “menumbuhkan ukuran komunitas DeFi,” laporan itu menyimpulkan.

 

One thought on “Siapa yang benar-benar Menggunakan DeFi? DeFi Report 2020”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *