DeFi Yield Farmer dan Investor Crypto Mendapatkan 100%+ Yield Per Tahun di COMP

“Yield farming” di DeFi (Decentralized Finance) adalah meme terbaru di dunia cryptocurrency. Yield farming adalah aktivitas melakukan leverage protokol dan produk DeFi untuk menghasilkan return yang tinggi dan dalam beberapa kasus menghasilkan 100% annualized yields jika menghitung faktor bonus cashback dan insentif.Sebagai pengingat, Decentralized Finance (DeFi) adalah ekosistem Dapp yang memungkinkan semua orang yang memiliki koneksi internet untuk mengakses berbagai macam produk dan jasa finansial dalam ekosistem blockchain seperti crypto asset exchange, margin trading, financial derivatives, synthetic assets, algorithmic trading, dan lending markets.

Baca juga : Apa itu Compound Finance ?

Belajar Lebih Dalam Tentang DeFi !

Bagaimana melipatgandakan uang Anda di ekosistem finansial blockchain dan me-manage risikonya ? Signup email Anda di bawah ini

Salah satu use case yang banyak digunakan di DeFi adalah high yield interest income di mana pengguna mendepositokan crypto untuk mendapatkan return dengan bunga tinggi, bahkan bisa mencapai 100x lebih tinggi dari rekening tabungan bank (10% VS 0,1% APY). DeFi yield farming menggunakan konsep dasar ini dan juga sifat compounding (bunga berbunga) dengan mengutilisasi leverage untuk mendapatkan exposure tambahan ke berbagai jaminan aset crypto dengan stablecoin yang dibackup USD.

 

 

Contohnya, dengan rate kemarin, pengguna Compound yang meminjamkan (lending) 1,000 DAI (ekuivalen $1,000) dan mengambil loan senilai $2,500 dalam aset crypto BAT akan menghasilkan  77.48% APY dalam bentuk reward COMP yang dihasilkan setiap hari, dengan mengasumsikan harga token COMP senilai $360.

Hal ini dilakukan dengan fitur maximize COMP mining dalam instadapp.

Baca juga : Cara Yield Farming Compound

User harus berhati-hati dalam menjaga collateralization ratio untuk menghindari likuidasi posisi jaminan 1,000 DAI. Bagusnya, reward dari COMP melebihi biaya untuk meminjam BAT dan membuatnya profitable untuk melakukan peminjaman crypto.

 

Tony Sheng meng-highlight besarnya yield tersebut di Twitternya

 

Konsep yield farming Mendorong Compound melewati MakerDAO

Setelah melewati MakerDAO minggu lalu, Compound kini menjadi lending protocol DeFi yang paling populer jika diukur dari total value locked dengan memiliki lebih dari $550 juta locked di protokolnya.

Didorong oleh dilaunchnya governance dan reward token COMP, awalnya digunakan untuk mereward liquidity provider dan user dari platform Compound, lalu harga tokennya meledak dari 16 USD hingga mencapai $360 USD untuk mengantisipasi listing Coinbase di hari Senin 22 Juni.

Fully diluted market cap Compound adalah $2.7 billion. Namun hal ini menimbulkan concern juga karena supply circulating token yang available untuk market participants hanya 25% dari total supply. Mempertimbangkan persentase besar dari token COMP masih dipegang beberapa user (termasuk founder), dan top 10% address memegang 85% dari token supply, maka circulating token sebenarnya sangat kecil dan memungkinkan harga token untuk naik lebih tinggi lagi dalam jangka pendek.

Setiap hari sekitar 2,880 token COMP didistribusikan kepada user dari protokol Compound. Distribusi COMP dialokasikan ke setiap market (ETH, USDT, BAT, USDC, etc.) proporsional terhadap interst rate yang diakrualkan di pasar tersebut, 50% distribusi menuju ke supplier dan 50% ke peminjam. Reward cashback kepada lender dan borrower yang dikombinasikan dengan leverage ini yang menghasilkan return tinggi bagi investor.

Tingkat risiko yang tinggi tentu selalu ada menemani tingkat pengembalian yang tinggi. Ekosistem Decentralized Finance (DeFi) yang baru lahir masih mencari pijakan kakinya, dan telah terjadi beberapa kasus hack DeFi di awal 2020, seperti yang terjadi pada dforce dan bzx, karena protokol DeFi adalah smart contract otomatis tanpa intermediary dan aset kripto menjadi bearer asset (yang dikolateralkan) tanpa fitur me-rollback transaksi, selalu ada risiko bug di dalam kode atau serangan terstruktur yang dieksploit untuk mencuri dana user.

Vitalik Buterin, founder Ethereum menyuarakan concern ini terkait publikasi luas tingkat bunga tinggi DeFi tanpa menekankan risiko tinggi di produk DeFi.

Dengan mempertimbangkan rata-rata bunga tabungan bank adalah 0,1% dan produk DeFi bisa menghasilkan yield 100% per tahun, apakah produk ini juga berarti lebih beresiko 1000x ? Mungkin tidak karena investor dan trader yang savvy sedang cash in di kesempatan arbitrage ini.

Rate ini dengan berjalannya waktu akan menurun secara natural dengan berkembangnya industri DeFi, dan tumbuh dalam size dan volume, produk DeFi akan semakin teruji di medan perang dan semakin diperkuat. Sampai saat itu terjadi DeFi yield farming akan menjadi katalis adopsi user.

sumber : forbes

One thought on “DeFi Yield Farmer dan Investor Crypto Mendapatkan 100%+ Yield Per Tahun di COMP”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *