Panduan Lengkap Yield Farming: Cara Berpartisipasi Dalam Memanen DeFi Ethereum

Decentralized Finance atau yang dikenal dengan DeFi telah menjadi tren di blockchain Ethereum tahun ini. Dengan demikian, aplikasi teratas di sektor ini seperti protokol trading Uniswap dan Curve meraup user yang sangat banyak tahun ini. Pada beberapa bulan terakhir, tren DeFi ini diakelerasikan dengan kehadiran “yield farming” yang fenomenal. Namun apakah itu yield farming, bagaimana ia bekerja dan bagaimana Anda dapat berpartisipasi?

Berikut adalah cara-cara bagi para pemula yang ingin mengetahui tentang yield farming lebih lanjut.

Belajar Lebih Dalam Tentang DeFi !

Bagaimana melipatgandakan uang Anda di ekosistem finansial blockchain dan me-manage risikonya ? Signup email Anda di bawah ini

Apakah itu yield farming?

Aplikasi DeFi tergolong masih muda dan mereka membutuhkan user untuk bertumbuh dan mengakutalisasikan produknya.  Oleh karena itu, tahun ini proyek DeFi semakin banyak yang beralih ke yield farming. Proses ini melibatkan protokol yang mendistribusikan governance token kepada user mereka  untuk melakukan aktivitas bootstrap dan memberi insentif kepada para stakeholder atas dukungan di awal projek.

Mari kita mengambil contoh dari Compound, yang merupakan proyek pinjam meminjam DeFi dimana proyek ini meluncurkan kegiatan farming di sekitar governance token COMP nya pada awal tahun ini. Compound mendistribusikan COMP secara retroaktif kepada pemberi pinjaman dan peminjam sebelumnya dan menawarkan imbalan COMP kepada pemberi pinjaman dan peminjam saat ini.  Dengan kata lain, Anda dapat mendapatkan COMP dalam governance Compound – hanya dengan menggunakan Compound. Hal itulah yang disebut dengan yield farming.

Apa yang Anda butuhkan untuk memulai farming?

Untuk memulai yield farming, Anda hanya memerlukan beberapa hal berikut:

  • Alamat wallet Ethereum (idealnya merupakan wallet hardware)
  • Sejumlah ETH untuk membayar transaksi yang dilakukan

Setelah Anda memiliki wallet dan ETH yang sudah siap untuk digunakan maka langkah selanjutnya adalah untuk menganalisa dan mengidentifikasikan kesempatan yield farming mana yang cocok untuk Anda.

Mencari Kesempatan Farming

Kampanye yield farming yang baru hampir bermunculan setiap hari dan merupakan hal yang cukup menguras tenaga untuk menentukan yield farming mana yang pantas diikuti. Namun terdapat juga beberapa sumber referensi yang muncul di internet sehingga membuat Anda lebih mudah untuk memilih. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Etherscan, yang merupakan Yield Farm Ethereum yang baru menawarkan daftar yang panjang dan tidak difilter mengenai kampanye yield farming yang sedang berjalan.
  • Situs yieldfarming.info menyediakan daftar kesempatan yield farming yang dikurasi serta statistik rinci berbasis wallet seperti estimasi perhitungan annual percentage yield (APY) dan banyak lagi.
  • Situs data industri crypto, Coingecko juga memiliki halaman Farms baru yang menampung kesempatan yield farming teratas serta menyediakan tools seperti kalkulator APY yang merupakan kalkulator untuk menghitung kerugian yang tidak permanen dan masih banyak lagi.

Perlu Diingat: Harga APY dan GAS

Anda tentu tidak ingin menggunakan atau berpartisipasi di protokol yield farming tanpa mengetahui tipe APY apa yang akan Anda dapatkan. Beberapa website yang sudah disebutkan di atas tentu sudah memberikan informasi mengenai hal tersebut. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Proyek yield farming akan menunjukkan statistik APY untuk pools mereka di website mereka sendiri. Hal ini tentu dapat menimbulkan kebingungan, jadi jangan menganggap statistik ini sebagai hasil akhir.
  • Pool yang memiliki APY yang tinggi memiliki resiko tinggi namun juga diikuti dengan imbalan yang tinggi. Lakukan dengan hati-hati.
  • APY bergeser seiring dengan berjalannya waktu karena kampanye yield farming biasanya memiliki fase distribusi yang terus berbeda. Perlu diketahui lebih lanjut bagaimana distribusi ini diatur dan diubah (misalnya: hadiah token yang berkurang selama periode 4 minggu).

Pertimbangan lain yang tidak kalah penting adalah GAS. Di Ethereum, user perlu membayar biaya atau yang disebut dengan GAS supaya transaksi mereka dapat diproses. Sejak DeFi Ethereum digemari di industri, permintaan untuk blockspace Ethereum tidak pernah setinggi ini dan harga gas juga sudah melonjak tinggi.

Maka dapat dikatakan bahwa  memerlukan biaya yang cukup besar untuk berpartisipasi di yield farming pada saat ini. Pastikan bahwa Anda memperhitungkan biaya  GAS ini saat mencoba memperhitungkan peluang mana yang paling memungkinkan untuk Anda.

Liquidity Pools

Inti dari yield farming berada di liquidity pools. Ketika Anda mendepositkan aset crypto ke dalam pools tersebut maka Anda akan menerima token LP sebagai imbalan. Untungnya, menyediakan likuiditas untuk pools yield farming yang sedang booming tidak pernah semudah sekarang karena terdapat layanan dashboard DeFi seperti Zapper.fi atau Zerion. Layanan ini memungkinkan Anda untuk menambahkan aset kemanapun Anda inginkan hanya dengan mengklik satu tombol. Kemudian, saatnya untuk staking.

Staking untuk Mulai Menghasilkan

Setelah Anda memiliki token LP pada farm yang udah Anda pilih, saatnya Anda untuk melakukan stake pada governance token di projek pilihan Anda. Berikut adalah contoh UNI farming baru di Uniswap.

Salah satu dari 4 reward pool UNI pertama Uniswap adalah ETH/DAI liquidity pool. Misalnya anda menyiapkan token ETH/DAI LP Anda.  Kemudian Anda cukup menuju Uniswap dan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik di tab UNI
  • Klik di tombol deposit ETH/DAI
  • Klik di tombol Stake

 

Selesaikan transaksinya, dan Anda akan mulai mendapatkan UNI secara otomatis selama kampanye farming terus berlanjut. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti proses umum yang sama ini untuk berpartisipasi dalam farming lain.

Yield Farming untuk Pemula: yEarn Vaults

Agregator protokol yield, yEarn sudah menjadi trending di DeFi karena  yEarn dapat mengotomatisasikan yield farming dan membuat nya sederhana. Salah satu produk andalan awal dari yEarn adalah Vaults dimana terdiri dari produk DeFi yang memungkinkan Anda secara otomatis memperpanjang jaminan yang Anda berikan.

Contohnya, Vault yEarn’s ETH. Anda menyetor ETH ke dalam Vault kemudian sistem mulai beroperasi untuk memanfaatkan ETH tersebut. Dengan cara tersebut maka Anda mendapatkan imbalan yang lebih banyak di ETH sepanjang waktu. Ini tentu lebih sederhana, mudah dan Anda tidak perlu melakukan apapun selain mendepositkan aset Anda kedalam Vault. yEarn juga menawarkan beberapa variasi dari Vaults seperti yLink Vault bagi mereka yang ingin memanfaatkan Chainlink mereka.

Prospek Governance Token

Pada akhirnya, yield farming merupakan hasil dari pengelolaan governance token. Token ini dapat dijual di pasar untuk mendapatkan keuntungan langsung namun mereka juga menawarkan kesempatan kepada pada holder token untuk menyimpan token tersebut dan berkolaborasi sesuai protokol yang mereka gunakan di masa mendatang. Ini semua merupakan hal yang baru, tidak hanya di industri crypto saja tapi juga di dunia. Mengatur protokol ini adalah eksperimen besar yang sedang berlangsung dan akan menjadi hal yang menarik untuk melihat bagaimana farming dan governance dapat berperan satu sama lain di masa mendatang.

Pemegang Bitcoin Juga Dapat Bergabung di Yield Farming

Karena portfolio Anda diisi dengan BTC bukan berarti Anda tidak dapat berpatisipasi di yield farming. Nyatanya, farming pool yang paling populer di DeFi saat ini adalah pool ETH/WBTC Uniswap dengan total value locked (TVL) sebesar 400 juta dolar berdasarkan Coingecko. Berikut adalah beberapa tahap untuk bergabung di yield farming:

  • Konversikan beberapa BTC Anda ke WBTC
  • Depositkan WBTC Anda ke pool ETH/WBTC Uniswap
  • Farm kan UNI

Waspadai Resiko dan Penipuan

Terdapat banyak resiko yang dimiliki oleh yield farming. Pertama, jangan mengejar setiap kesempatan yield farming untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat karena penipu akan bermunculan kembali untuk mengambil milik Anda.

Selain itu terdapat juga resiko akan atas bug, peretasan dan impermanent loss (yang berarti lebih baik Anda menyimpan sendiri aset Anda seperti ETH daripada berfungsi sebagai LP di pool tertentu).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *