Memahami Landscape Startup Decentralized Finance di Indonesia

Seperti apa landscape Decentralized Finance Indonesia ? DeFi adalah topik besar di industri blockchain tahun 2020 dan 2021 karena menjadi bensin meningkatkan market cap banyak token crypto. Decentralized Finance juga banyak diperkirakan bisa menjadi hal besar berikutnya di dunia finansial karena bisa mengurangi biaya operasional industri finansial dan mengembalikan margin yang selama ini sangat besar diambil oleh industri finansial tradisional, di kisaran 40-60%.

Decentralized Finance atau DeFi memiliki banyak jenis, misalnya stablecoin, DeFi Lending & Borrowing, Stablecoin, Decentralized Exchange, Automated Market Maker dan sebagainya.

Belajar Lebih Dalam Tentang DeFi !

Bagaimana melipatgandakan uang Anda di ekosistem finansial blockchain dan me-manage risikonya ? Signup email Anda di bawah ini

Peluang Decentralized Finance di Indonesia

Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab mengapa layanan DeFi di Indonesia memiliki peluang untuk menjadi besar di Indonesia.

Layanan finansial di Indonesia sangat banyak dan diverse

Indonesia memiliki sangat banyak sekali layanan finansial seperti bank, asuransi, payment company, fintech, peer to peer lending, payday loan.

Market yang sangat besar dan penetrasi layanan keuangan yang masih kecil menjadi alasan banyaknya layanan yang bermunculan.

 

Kebutuhan inklusi keuangan di Indonesia

Inklusi keuangan memang memiliki berbagai macam definisi, salah satunya adalah meningkatkan akses kepada layanan finansial

Dengan Decentralized Finance, akses layanan finansial yang didapat oleh top trader di kantor firma finansial besar di USA akan sama dengan petani yang ada di Mojokerto, selama mengerti cara menggunakan smart phone dan aplikasi DeFi.

Apabila konsep tokenisasi sudah berkembang dan menjadi legal di Indonesia, semua orang bisa mengakses asset-asset yang sebelumnya tidak bisa diakses karena membutuhkan modal besar, menjadi bisa diakses karena telah ditokenisasi.

Kenapa harus ada middleman jika tidak perlu

Dengan adanya teknologi blockchain di mana data ditempatkan dibanyak tempat dan digovern oleh banyak pihak, memungkinkan dilakukannya proses bisnis secara terdesentralisasi. Termasuk komponen-komponen bisnis yang bersifat sentralisasi dan memakan biaya mahal, diubah menjadi terdesentralisasi dan biaya murah, hal ini ada kemiripan dengan Gojek yang mengubah kepemilikan taksi, menjadi crowdsourcing sehingga tidak terbebani biaya pembelian dan penyusutan kendaraan.

Bisa jadi tahun 2025 orang sudah akan bertanya-tanya, kenapa harus ada middleman finansial yang mengambil margin besar jika dengan decentralized finance di Indonesia kita sudah bisa melakukan aktivitas finansial seperti halnya menyimpan kekayaan di sistem finansial, lending, borrowing dsb.

 

Jenis-Jenis Decentralized Finance Indonesia

Lantas apa saja kah DeFI yang ada, beroperasi di Indonesia dan membuka lapangan kerja di Indonesia ? Berikut ini di antaranya.

VynDAO : Stablecoin & DeFi Loan

Vyndao adalah crypto-backed stablecoin USDV yang di peg nilainya ke USD. Berbeda dengan fiat backed stablecoin seperti USDT, USDC yang pada umumnya tidak bersifat transparan, tidak bisa diverifikasi di smart contract blockchain, crypto-backed stablecoin bersifat decentralized, permissionless, transparan dan bisa diverifikasi di dalam blockchain.

Vyndao DeFi Indonesia

Unydex Decentralized Exchange

UNYdex adalah salah satu decentralized finance yang beroperasi di Indonesia.

Kebanyakan dari kita familiar dengan centralized exchange, yang berarti dalam melakukan trading cryptocurrency, kita menitipkan dana kita di exchange, dan Anda tidak menyimpan dana Anda sendiri.

Decentralized exchange memiliki perbedaan dalam melakukan transaksi di mana decentralized exchange tidak menyimpan dana dan data Anda, yang berarti tidak ada KYC atau proses Know Your Customer.

Decentralized exchange umumnya tidak memiliki sarana untuk mentransfer dari fiat ke crypto.

UNYdex decentralized finance Indonesia

 

 

Vexswap – Automated Market Maker

Vexswap adalah decentralized exchange dengan jenis Automated Market Maker. Berbeda dengan Unydex decentralized exchange yang memiliki order book, Vexswap sebagai AMM tidak memiliki order book, namun memiliki mekanisme liquidity pool yang disediakan oleh LP (Liquidity Provider) di mana liqudity pool ini bisa menyediakan harga walau untuk pasar sekecil apapun, tanpa harus membutuhkan buyer dan seller memasang harga – atau melakukan pre list dari order mereka di harga fix.

Vexswap untuk saat ini bisa diakses di Vexwallet decentralized wallet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *