CEO Robinhood Secara Tidak Sengaja Menyinggung DeFi

Minggu lalu aplikasi trading Robinhood dihentikan sementara agar user tidak dapat membeli saham populer seperti GameStop dan AMC karena trader harian yang menggunakan reddit meningkatkan trading volume dan harga dari saham tersebut mencapai rekor harga tertinggi.

CEO Robinhood ingin usernya mengetahui bahwa Ia juga kesal dengan pemberhentian aplikasi tersebut. Dalam postingan blog hari ini yang berjudul “Saatnya untuk real-time settlement“, CEO dan co-founder Robinhood, Vlad Tenev mengusulkan perubahan regulasi di industri untuk memungkinkan sekuritas menyelesaikan trading yang hampir diselesaikan secara instan, yang berarti bahwa uang akan berpindah tangan dalam hitungan menit dan bukan hari. Meskipun Tenev tidak pernah menyebutkan Decentralized Finance¬† atau blockchain namun teknologi yang memungkinkan hal tersebut terjadi adalah teknologi blockchain.

Belajar Lebih Dalam Tentang DeFi !

Bagaimana melipatgandakan uang Anda di ekosistem finansial blockchain dan me-manage risikonya ? Signup email Anda di bawah ini

Tenev juga menuliskan bahwa tidak ada alasan mengapa sistem keuangan terbesar di dunia yang pernah ada tidak dapat menyelesaikan trading secara real-time.

Tenev menemukan kesalahan khususnya di sistem clearinghouse sekuritas. Clearinghouse sendiri merupakan perantara yang mencocokkan pembeli dengan penjual, mengumpulkan pembayaran dan menyelesaikan kegiatan trading. Sistem saat ini diawasi oleh SEC dan Private Depository Trust and Clearing Corporation, membutuhkan jangka waktu settlement selama 2 hari. Tenev menjabarkan bahwa investor biasanya dibiarkan menunggu kegiatan trading mereka selesai dan broker clearing mengunci kas milik mereka sampai ketika trading sudah mau selesai. Persyaratan deposit clearinghouse dirancang untuk memitigasi resiko tapi aktivitas abnormal yang terjadi minggu lalu menunjukkan bahwa persyaratan ini dan juga siklus settlement yang dirasa tidak perlu, memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan dimana hal ini akan menimbulkan resiko baru.

Berbeda dengan settlement di sistem keuangan tradisional, aplikasi decentralized finance yang berbasis blockchain melakukan disintermediasi terhadap aktivitas trading. Hasilnya, trading di platform DeFi diselesaikan dengan cepat.

Decentralized exchange tidak dapat disensor dan settlement dapat terjadi hanya dalam hitungan detik.

Peristiwa yang baru saja terjadi menunjukkan adanya kebutuhan untuk memordenisasi teknologi dan proses yang ada di industri keuangan tradisional.  Clearinghouse dan settlement secara real time di blockchain dapat hidup berdampingan , sistem keuangan tradisional memang sudah kuno, penyimpanan catatan secara terus menerus dengan jaminan yang ter desentralisasi menyelesaikan masalah ini.

Robinhood membutuhkan banyak suntikan dana dalam seminggu terakhir dengan total $3.4 miliar – bukan karena kinerjanya yang buruk namun karena tidak memiliki cukup dana untuk menutupi kegiatan trading yang ada. Robinhood juga meminjam uang dari bank untuk mengumpulkan uang tunai yang dibutuhkan untuk menjalankan perdagangan saham.

Meskipun begitu, Robinhood masih tetap mempertahankan batasan saham pada 5 saham yang tetap populer yaitu AMC Theatres, Express, GameStop, Naked Brand Group dan Nokia. Namun hal ini tidak menghentikan anggota komite House Financial Services termasuk Chairwoman Maxine Water dan Alexandria Ocasia-Cortez untuk meminta penyelidikan atas penghentian trading di Robinhood.

Tenev menjelaskan bahwa Ia ingin semua orang berkumpul dan langsung menyelesaikan hal ini. Menurutnya, industri, kongres, regulator dan pemangku kepentingan lainnya perlu bersatu untuk menggunakan modal intelektual dan sumber daya teknisi untuk beralih ke settlement ekuitas AS secara real-time. Teknologi sendiri merupakan jawaban dan bukan hambatan seperti yang sering dikutip oleh media.

 

Info lain tentang DeFi

Tantangan Regulasi yang Dihadapi Oleh Decentralized Finance (DeFi)

 

Bagaimana Decentralized Finance Dapat Membangun Ulang Industri Perbankan

One thought on “CEO Robinhood Secara Tidak Sengaja Menyinggung DeFi”

  1. BANG, coba bahas tentang token MORE 0xf84c682279e6b687fc3449954e25377ecc1a59f9 di aringan bsc. token ini memiliki LP yang sangat tinggi hingga 300,000 BNB. jika kita membeli token ini di pancakeswap bisa. tetapi ketika kita menjualnya tidak bisa. Apakah developer bisa mengatur hal ini, /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *