Apa Itu Stability Fee MakerDAO

Maker Protocol mengumpulkan stability fee dari DAI yang digenerate dari Maker Vault. Stability fee adalah fee yang bersifat variable yang bisa berubah ketika governance body dari Maker mengambil vote dari proposal yang diberikan oleh tim risk management.

Apa kegunaan dari  Stability Fee ?

Stability fee adalah parameter risiko yang didesain untuk menentukan inherent risk dari menggenerate Dai dari jaminan / kolateral yang disimpan di Maker Vaulty. Sebagian dari stability fee juga dipisahkan untuk membantu sustaining operasional dari protokol maker yang mana termasuk DSR, tim risk management dan biaya lain terkait protocol.

Belajar Lebih Dalam Tentang DeFi !

Bagaimana melipatgandakan uang Anda di ekosistem finansial blockchain dan me-manage risikonya ? Signup email Anda di bawah ini

Kapan User Membayar Stability Fee ?

Stability fee secara continue dihasilkan dari Dai yang digenerate dari vault. Pemilik vault/user bebas membayar kembali Dai kapan saja. Vault tidak memiliki standar/keharusan terkait pembayaran kembali, yang diharuskan adalah user menjaga rasio kolateral di atas liquidation ratio.

Apakah user dengan pinjaman lama harus membayar fee dengan angka yang baru, dalam kasus stability fee berubah ?

 
Tidak, stability fee tidak berlaku ke belakang, setelah ada perubahan fee, user yang menggenerate pinjaman baru akan mengikuti fee yang baru ke depannya. 
 

Kenapa stability fee bisa berubah ?

Stability fee untuk setiap tipe vault bisa berubah sesuai keputusan dari MKR holder yang melakukan governing terhadap protocol berdasarkan rekomendasi tim risk yang melakukan risk assesment dari kolateral yang digunakan di sistem. Tim risk bisa melakukan perubahan terhadap stability fee ketika terdapat perubahan fundamental terkait underlying asset atau sistem keseluruhan.
 

Apa yang dilakukan oleh sistem dengan Stability Fee yang dikumpulkan ?

Stability fee dikumpulkan di dalam internal balance sheet dari Maker Protocol. Ketika maksimum surplus tercapai, sistem akan secara otomatis mengirim Dai ke surplus auction. Dalam proses auction ini, keepers melakukan bid dalam MKR untuk Dai. Di akhir auction, Dai akan diberikan kepada bidder yang memenangkannya, sedangkan MKR yang dibayarkan akan di burn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *