Apa Itu DAI Saving Rate (DSR) dari MakerDAO

DAI Saving Rate yang biasa disingkat DSR adalah tingkat bunga atau interest rate yang dibayarkan untuk setiap deposit dari DAI Stablecoin yang dimiliki oleh Maker, dalam smart contract tabungan (saving) DAI.

DAI Saving Rate diluncurkan pada November 2019 ketika Maker mengupgrade menjadi Multi Collateral DAI. DSR bisa dibilang sebagai akun tabungan atau saving account untuk para holder DAI yang didanai oleh stability fee atau debt (hutang) yang dihasilkan user yang membuat vault untuk menghasilkan Dai baru.

Belajar Lebih Dalam Tentang DeFi !

Bagaimana melipatgandakan uang Anda di ekosistem finansial blockchain dan me-manage risikonya ? Signup email Anda di bawah ini

DSR adalah bagian integral dari Maker project dan memberikan pengaruh terhadap demand atau permintaan kepada Dai.

Tingkat bunga DSR juga ditentukan MKR token holder lewat executive governance poll di https://vote.makerdao.com/

Jika harga pasar dari Dai di atas 1 USD, MKR holder bisa memilih untuk secara gradual menurunkan DSR, yang akan menurunkan demand dan menurunkan harga pasar dari DAI dan semakin dekat dengan target harga 1 USD.

Jika harga pasar Dai di bawah 1 USD, MKR holder bisa memilih untuk secara gradual meningkatkan DSR yang akan meningkatkan demand dan meningkatkan haga pasar dari DAI dan semakin dekat dengan target harga 1 USD. 

Tujuan utama Dai Saving Rate (DSR) adalah untuk memaintain peg DAI-USD. DSR digunakan dengan tandem bersama dengan stability fee untuk menyeimbangkan supply dan demand DAI – juga karena stability fee yang membayar DSR – maka DSR memiliki batas atas yang sama dengan stability fee.

Salah satu motivasi utama utama dari users meminjam Dai dan membayar stability fee adalah untuk meleverage posisi ETH : melock ETH sebagai collateral, meminjam Dai dari kolateral tersebut, dan bahkan bisa mengulang proses tersebut. Ini berarti stability fee (dan juga DSR) bisa secara aman meningkat karena kepercayaan pada kenaikan harga ETH di masa depan juga meningkat.

Namun juga berlaku sebaliknya, jika confidence kepada ETH menurun, users kurang berminat untuk meleverage posisinya dan stability fee akan tuun (juga DSR) untuk memaintain peg Dai-USD.

MKR token holder juga mendapatkan benefit secara finansial dari pertumbuhan network. Tingkat DSR tinggi juga akan mendorong adopsi lebih tinggi dari Dai, sehingga nilai DSR yang lebih tinggi (namun peg usd juga terjaga) juga semakin dicari.

Kenapa Dai Savings Rate (DSR) Bisa 0.00%?

Di Kamis 12 Maret terjadi crash harga ETH yang menyebabkan masalah di sistem Dai di mana peg Dai ke dollar bisa dibilang “rusak” sehingga rate Dai mencapai $1.08, untuk mengembalikan pegnya, para anggota governance memutuskan untuk mengurangi DSR sampai ke 0 untuk memotivasi holder menjual Dainya di exchange sehingga membawa nilai Dai mendekati 1 USD.

Setelah sistemnya stabil kembali, angka DSR yang positif bisa diharapkan kembali.

Historis Dai Saving Rate

Bagaimana Cara Kerjanya ?

Dai holder bisa melock token Dainya ke smart contract DSR kapanpun mereka mau.

Untuk memulainya, Anda bisa mengunjungi oasis.app yang adalah aplikasi yang terafiliasi dengan MakerDAO

Di sini user harus mengconnect Ethereum walletnya. Oasis sudah memiliki support wallet web 3.0 seperti Metamask dan Coinbase Wallet, juga hardware wallet seperti Trezor dan Ledger.

Setelah connect, click “get started” Anda bisa melihat DSR rate di atas tombol hijau.

Sebelum Anda mendepositkan dana, Oasis akan meminta dua permission dari wallet Anda. Salah satunya bundle transaksi untuk membuatnya lebih murah, satunya untuk approve akses Dai ke wallet yang connect.

The next window allows the user to deposit Dai into the DSR! Simply enter the amount of Dai to deposit, and click “Continue”.

Window konfimasi akan muncul, pastikan action yang muncul sudah benar, untuk menyelesaikannya Anda check kotak term & condition lalu klik tombol hijau deposit.

 

 

User bisa melakukan tracking saldo DSR di home screen Oasis app dan melihat akrual interestnya secara real time. DSR balance bisa dideposit atau ditarik kapan saja tanpa batasan kuantitas atau batasan waktu.

Masalah Apa Yang Diselesaikan Oleh DSR ?

Stablecoins 

Stablecoin seperti Dai memberikan value berupa stabilitas harga. Dalam contoh Dai, token di peg ke USD yang berarti 1 Dai = 1 USD.

Untuk memastikan peg ini MakerDAO perlu mempengaruhi suppy dan demand dari token Dai.

Makerdao mempengaruhi supply dari Dai lewat stability fee.

Dengan menawarkan tool investasi beresiko rendah untuk pemegang Dai token, Makerdao membuat tool untuk mempengaruhi sisi demand dari pasar Dai, meningkatkan kontrol dan stabilitas dari token Dai.

 

Apa yang membuat DSR unik ?

Kontrak DSR sangat berbeda dengan protocol lain yang memberikan bunga seperti Compound Finance, dalam hal ini di Dai/MKR, kontrak ini bukanlah sebuah kontrak lending.

Walaupun Dai dari user di lock di smart contract, tidak ada counterparty di sisi lainnya yang meminjam (borrow) Dai token.

Di lending platform seperti Compound, interest rate diputuskan berdasarkan internal lending dan borrowing demand, sedangkan di DSR ratenya ditentukan lewat governance oleh MKR holder.

Smart contract DSR tidak memiliki minimun requirement token atau waktu minimal lock up. Karena tidak ada counterparty atau sisi lainnya yang meminjam (borrowing) token maka user tidak perlu menuggu loan repayment untuk menarik kembali depositnya.

 

Kapan DSR di launch ?

Walaupun MakerDAO dan stablecoin DAI di launch di akhir 2017, DSR baru dilaunch pada November 2019. Fitur ini termasuk upgrade besar lainnya yang termasuk launching Multi-Collateral Dai.

MakerDAO tidak mengadakan ICO, namun MKR token dijual dalam jangka waktu panjang ke anggota forum dan investor private, termasuk nama-nama besar seperti Andreessen Horowitz, Polychain Capital, Wyre Capital.

Kenapa Menggunakan DSR?

Sampai sekarang DSR bisa menawarkan rasio risk-to-reward yang sangat baik. Tidak seperti protocol lainnya, interest rate DSR tidak secara langsung ditentukan dari risiko yang ada, juga tidak dari demand borrowing Dai.

DSR saat ini diranking sebagai Defi teraman dibandingkan dengan income opportunity nya oleh Defi Score dan dilihat sebagai risk free rate di DeFi. Namun hal ini sebelum adanya black swan event di pertengahan Maret 2020.

Smart contract Dai melibatkan fakto risiko lebih sedikit daripada kebanyakan lending platform Defi karena tidak melibatkan counteparty yang meminjam Dai dari kontrak DSR, juga bisa dibilang protocol maker memiliki risko sentalisasi lebih sedikit dibandingkan platform lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *