Apa Itu Compound Finance dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa Itu Compound Finance?

Compound Finance adalah project blockchain yang memungkinkan Anda untuk lend (meminjamkan) dan borrow (peminjam) aset cypto tanpa middlemen. Compound adalah project Decentralized Finance (DeFi) yang banyak menjadi pembicaraan di Juni 2020 karena baru memperkenalkan governance token COMP.

Di sistem compound finance, Lender dan borower mendapatkan value. Lender mendapatkan interest, sedangkan borrower mendapatkan akses kredit tanpa memusingkan persyaratan bank.

Belajar Lebih Dalam Tentang DeFi !

Bagaimana melipatgandakan uang Anda di ekosistem finansial blockchain dan me-manage risikonya ? Signup email Anda di bawah ini

 


Cara Kerja Compound Finance

Compung bekerja sedikit berbeda dari loan market yang lain.

Sebagai lender (pemberi pinjaman), Anda tidak meminjamkan uang secara langsung ke peminjam. Anda meminjamkan aset ke “liquidity pool” dari Compound Finance, di mana para peminjam (borrower) bisa meminjam aset.

cara kerja compound finance

Liquidity pool di sini bukanlah tim Compound Finance atau bank, tetapi adalah sekumpulan smart contract yang secara otomatis melakukan matching antara borrower dan aset yang available, lalu smart contract secara otomatis memberikan pembayaran interest dari borrower kepada lender.

Smart contract juga menentukan interest rates menggunakan algoritma yang mengecek antara supply dan demand di suatu waktu tertentu.

Beberapa fakta terkait Compound finance :

  • Tidak ada jumlah minimum lending dan borrowing
  • Lender mendapatkan interest setiap 15 detik (setiap block ethereum)
  • Anda bisa menggunakan Compound sepanjang apapun tanpa penalti

Verifikasi Identitas di Compound Finance

Compound tidak memiliki proses verifikasi ID atau KYC. Sangat permissionless. Selamat datang di DeFi.

Whitepaper Compound.finance

 

Apakah Compound Finance Aman ?

Bagi lender dan borrower, risiko utama dari Compound Finance adalah potensi bagi hacker untuk meng-hack smart contract yang membuat compound bisa berjalan. Dengan melakukannya, berarti hacker bisa mencuri cypto yang di lock up di smart contract compound.

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis, kode Compound bisa Anda lihat kapan saja. Yang berarti makin banyak yang memperhatikan kode dan kesalahan yang ada bisa cepat ditemukan. Compound juga menyediakan bug bounties bagi siapa saja yang menemukan kelemahan sistem.

Walaupun kodenya sudah transparan, ada bug bounties atau audit kode, tentu saja tetap ada risiko terkait suatu hal yang baru seperti Compound Finance.

Bahkan bank, yang sering digunakan untuk membandingkan dengan crypto, juga memiliki level risiko – disamping sifat bank yang hidden fees, tidak ada privacy dan kontrol yang terbatas dari uang Anda.

Risiko lain dari bank adalah rush atau bank run. ini adalah situasi di mana nasabah bank menaik uang pada saat yang sama karena mereka berpikir bank akan tutup.

Rush atau bank run tetap terjadi walaupun ada jaminan atau deposit insurance (kalau di Indonesia namanya penjaminan LPS).

Disamping risiko smart contract, Compound Finance juga memiliki risiko seperti rush di bank. Risk ini ada di aspek ” “utilization rate”, atau berapa banyak aset dari lender yang dipinjam oleh borrower. Misalnya 70% (dari 100%) aset dari lender dipinjam borrower, berati utilization rate adalah 70%. Berarti hanya 30% (dari 100%) aset dari lender yang bisa ditarik.

Jika terjadi sesuatu yang menyebabkan lender menarik semua cryptonya dari compound sekaligus, ini bisa menjadi masalah.

Untuk melawan ini, Compound menggunakan model interest rate. Jika borrower banyak meminjam, maka utilization rate akan naik. Interest rate juga akan naik untuk memberikan insentif pada lender (pemberi pinjaman), sehingga akan mengurangi pinjaman (karena interest rate tinggi).

Namun demikian, rush pada compound kemungkinan lebih kecil terjadi daripada rush pada bank. Rush pada bank biasa terjadi karena kesalahan manajemen pada bank dan masyarakat tidak mengetahuinya sampai waktunya terlambat. Karena sifat transparan pada blockchain, user akan dapat menemukan jika ada yang salah pada Compound dengan cepat.

Walaupun Compund tidak 100% aman (tidak ada yang 100% aman), Compound adalah salah satu DeFi project yang paling aman. Memiliki ratusan juga dollar yang di lock di smart contract dan menjadi salah satu driver utama kemajuan DeFi.

Belum lagi interest rate tinggi yang diberikan pada lender, pembayaran bunga yang instant, tidak adanya loan term atau penalty, aksesibilitas kepada semua orang dibandingkan bank yang ketinggalan zaman.

Tingkat bunga / interest dari Compound Finance

Interest rate atau bunga dari Compound ditentukan oleh algoritma. Anda bisa mengeceknya di compound.finance/markets. Anda bisa mulai bertransaksi di App dari Compound Finance.

bunga defi compound finance

 

Pinjaman di Compound Finance

Kebanyakan orang menginginkan bunga lender yang besar di Compound, tetapi Anda juga bisa mengambil pinjaman di Compound. Anda perlu menempatkan crypto sebagai deposit/jaminan. Tidak ada credit checking, tidak ada keharusan memberikan income statement dan prosesnya langsung.

Pembayaran bunga pinjaman di Compound Finance

Sebagai pengambil pinjaman, Anda bisa membayar bunga dari pinjaman Compound Anda menggunakan WWeb App Compound

Likuidasi di Compound Finance

Jika Anda mengambil pinjaman di Compound Finance, Anda perlu tahu tentang likuidasi – berarti protocol compound menjual jaminan Anda untuk membayar hutang Anda.

Selain pembayaran rutin bunga pinjaman Anda, Anda bisa membayar pinjaman Anda kapan saja.

Anda perlu tahu bahwa jika nilai pinjaman Anda melebihi limit pinjaman (borrow limit) Anda, Anda bisa terkena likuidasi.

batas pinjaman di compound finance

Anda juga perlu tahu jika akun Anda terkena likuidasi, anggota komunitas bisa membayarkan hutang Anda sampai dengan 50%  dengan mendapatkan diskon 5%, mereka akan menerima kolateral Anda dalam jumlah yang proporsional. Misalnya jika mereka membayarkan (melunasi) 50% hutang Anda, mereka akan menerima 50% dari kolateral Anda dan mendapatkan 5% diskon.

Jika Anda tertarik melikuidasi peminjam yang beresiko, Compund memiliki Account Service API yang bisa Anda gunakan untuk memonitor address yang beresiko. Anggota komunitas juga ada yang membuat liquidation dashboard.

tampilan liquidation dashboard compound

 

Compound Finance ICO

Compound Finance tidak melakukan ICO, namun di bulan Juni 2020 mereka baru memperkenalkan governance token yang disebut COMP untuk men-desentralisasi governance dari Compound.

CEO dari Compound, Robert Leshner menyebutkan

COMP meng-emporwer community governance — ini bukanlah alat fundraising atau investment opportunity. Sampai proses desentralisasi telah lengkap, COMP tidak akan tersedia untuk publik.

Fokusnya dari Compound terkait COMP nampaknya lebih ke keamanan dan stabilitas sebelum dilakukan distribusi token.

 

Informasi lainnya tentang Decentralized Finance (DeFi)

Apa Itu DEFI ( Decentralized Finance ) dan Jenis-Jenisnya ?

Kenapa Decentralized Finance (DeFi) Berpotensi Mengalahkan Bank Tradisional

 

3 thoughts on “Apa Itu Compound Finance dan Bagaimana Cara Kerjanya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *